SquidNT (Web Proxy)

Posted by tekad surohman On 01 August, 2011 2 komentar

1. Instalasi Squid NT
> Untuk instalasi SquidNT ini pertama-tama kita harus mendownload file binary di Acme Consulting -Società di Consulenza e Formazione Informatica - Torino , & versi yang saya gunakan adalah versi 2.7.STABLE8 Standard

> Selanjutnya ekstrak file Squid yang telah didownload tadi ke partisi C:\ dan akan membentuk direktori C:\squid

> Buka direktori C:\squid\etc, disana kita akan menemukan 4 buah file



Copy & rename 3 buah file yang antara lain:

cachemgr.conf.default -> cachemgr.conf
mime.conf.default -> mime.conf
squid.conf.default -> squid.conf


> Buka file squid.conf dengan program notepad, notepad++ atw program editor lainnya. Letak squid.conf ada di c:/squid/etc kalau mengikuti cara di tutorial ini (kalau ndak nemu, search aja di c:/squid ). Hapus isi file tersebut (untuk backup masih ada file squid.conf.default yg bisa dicopy & rename lagi), isi dengan konfigurasi seperti dibawah ini:

http_port 3128
dns_nameservers 208.67.222.222 208.67.220.220
acl shoutcast rep_header X-HTTP09-First-Line ^ICY.[0-9]
upgrade_http0.9 deny shoutcast
acl apache rep_header Server ^Apache
broken_vary_encoding allow apache

acl all src all
acl manager proto cache_object
acl localhost src 127.0.0.1/32
acl localnet src 10.0.0.0/8 # RFC1918 possible internal network
acl localnet src 172.16.0.0/12 # RFC1918 possible internal network
acl localnet src 192.168.0.0/16 # RFC1918 possible internal network
acl Safe_ports port 80 # http
acl Safe_ports port 21 # ftp
acl Safe_ports port 443 # https
acl Safe_ports port 70 # gopher
acl Safe_ports port 210 # wais
acl Safe_ports port 1025-65535 # unregistered ports
acl Safe_ports port 280 # http-mgmt
acl Safe_ports port 488 # gss-http
acl Safe_ports port 591 # filemaker
acl Safe_ports port 777 # multiling http
acl CONNECT method CONNECT

http_access allow manager localhost
http_access allow localhost
http_access allow localnet
http_access deny manager
http_access deny !Safe_ports

refresh_pattern ^ftp: 1440 20% 10080
refresh_pattern ^gopher: 1440 0% 1440
refresh_pattern -i (/cgi-bin/|\?) 0 0% 0
refresh_pattern . 0 20% 4320

cache_mem 8 MB
cache_swap_low 98
cache_swap_high 99

access_log c:/squid/var/logs/access.log
coredump_dir c:/squid/var/cache
** credit to mas bro Gifos for the configuration

Konfigurasi diatas sudah saya coba & berhasil digunakan. Tapi konfigurasi diatas tersebut masih dasar & bisa ditambah biar lebih lengkap lagi sesuai dengan keinginan kita. contoh file squid.conf lainnya bisa dilihat di Ayuk omong2 tentang cumi Squid :D (Moved dari Freechatz) & Ayuk omong2 tentang cumi Squid :D (Moved dari Freechatz)

> Pada Windows XP sebelum melakukan perintah dibawah ini harap log in di account administrator atw account lainnya yg memiliki hak sebagai administrator
Pada Windows 7 matikan dulu UAC (User Account Control)

> Buka Command Prompt di windows dengan cara ketik "cmd" dikolom Run
pindah ke direktori C:\squid\sbin> dengan cara ketik cd c:\squid\sbin
Setelah pinda direktori ketik perintah squid -z yg gunanya untuk membuat swap directory bwt Squid




> masih di direktori C:\squid\sbin> ketik perintah squid -d l -D untuk membuat cache



karena gak balik2 ke c:\ prompt lagi, maka teken aja CTRL-C
dan perintah tersebut menggunakan huruf L kecil.


> jangan kemana2 dulu ya, masih di C:\squid\sbin> ketik perintah squid -i




> sebelum meninggalkan command prompt & direktori C:\squid\sbin> ketik perintah squid -O -D




> jadi entar urutan bwt input di command prompt adalah sebagai berikut




> lanjut ke install Squid Services
ketik services.msc di kolom Run & cari services bernama Squid, start services tersebut.






> coba juga cek di Task Manager kalo pengen tahu Squid dah jalan apa belom




> sekarang setting proxy di browser... karena saya pake mozilla firefox maka settingan saya tuh kaya gini:



> Done, seharusnya sudah jalan normal. Kalau ada masalah atau lainnya, silahkan posting di Ayuk omong2 tentang cumi Squid :D (Moved dari Freechatz) , jangan post di sini agar trid ini tetap bersih.

menghapus cache squid

tulisan ini saya buat untuk menjawab pertanyaan beberapa teman dari forummikrotik.com, bagaimana cara menghapus file-file yg sudag ter cache di squid.

langkah-langkah untuk menghapus file-file cache squid adalah:
1. matikan service squid dengan cara squid -k stop
2. cari dan hapus isi direktori cache squid (cache_dir) dengan cara rm -rf /cache1/* , ulangi untuk cache_dir lainnya.
3. hapus isi file-file access.log. store.log dan cache.log, untuk ke 3 file ini sebetulnya tidak wajib.
4. setelah selesai menghapus cache_dir, biasanya lumayan makan waktu nih, lakukan squid -z ulang untuk membangun cache_swap baru untuk squid, kalau sudah kelar dan tidak ada error maka nyalakan lagi service squid anda, selamat mencoba
------------------------------------------------------------


TRIK JUMPER

Semoga artikel SquidNT (Web Proxy) bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ komentar + 2 komentar

December 19, 2011 at 6:05 PM

mantap ijin copas

Terimakasih Forum Flasher Center atas Komentarnya di SquidNT (Web Proxy)
October 21, 2016 at 12:53 AM

ga work

Terimakasih puisidankamut atas Komentarnya di SquidNT (Web Proxy)

Post a Comment